:: rindu pada jalan ::


senyum itu tersimpul

pada ujung bibir yang sedikit pecah pecah

“mari sini” katanya,

lihat pada lekak lekuk jalan itu

pada pemberhentian

pada persimpangan

pada sisa basah hujan

pada jejak

pada cerita jalanan itu sendiri

 

jalanan dimana kita akan kemana

dan jalanan dimana kita akan kembali pulang

 

“sudah kau telusuri?” tanyanya

aku mengangguk tanpa rela untuk kusudahi

jalanan itu ingin kulangkahi lagi dan lagi

walau kusadari semuanya tak lagi sama

tiang listrik yang berkarat

pohon yang kian meninggi

hingga senyum yang tak dapat kunikmati lagi

 

v.z

:: suatu malam, untuk ingatan ::


redup temaram,

bayangmu dikala aku tenggelam,

membawaku pada setetes air mata yang menghangat di pipi…

 

alunan yang membawaku pada ingatanmu,

melantunkan hati yang pilu,

lalu aku menghujat pada bait-bait syair cinta…

 

tanda tanya,

yang kemudian tersisip pada takdir dan nasib,

mempertanyakan salah siapa seperti mencari sudut pada lingkaran…

 

sudah,

..

.

bukan salah siapa-siapa

yang kusadari hanyalah bayangan itu semakin indah hanya untuk dijadikan sebuah ingatan.

 

v.z

i just finished reading ‘GayaGay’ by Dann Julian


gay_love_symbols_png_display_plaques-r624d4a6065d9446fb4f35eeb8da01dbf_ar56b_8byvr_324

Buku Gaya Gay yang ditulis sama Dann Julian memberikan aku satu sudut pandang lagi yang baru.

Homo, Lesbi… semuanya wajar. Mungkin karena di lingkungan kerja aku yang dulu udah terlalu sering yang namanya ketemu gerombolan itu kali, ya? Temen baikku ada yg Gay, ada juga yg lesbi.. mereka semua cerita tentang pengalaman hidup mereka. Ya memang, di depan orang lain ‘jati diri’ mereka ada yg masih ditutup2in… tapi ada juga yang blak2an nunjukin kalo mereka itu gay/lesbi.

Apa yg beda kalo gitu sama buku GayaGay?

Hmmm… pada awalnya ceritanya sih mengalir kayak cerita yang sering mondar mandir di telinga aku. Designer Gay yang naksir modelnya atau asistennya : udh biasa. Seseorang yang tiba2 jadi biseks : temenku ada yg begitu. Seseorang yang tiba2 jadi Gay/Lesbi karena kejadian yang kurang menyenangkan : kayaknya hampir rata2 Lesbi/Homo terjadi karena itu deh.

Tapi, kalo ada cewek model yang berbadan oke, karir oke, keuangan oke, semuanya oke, tapi ternyata waria?

Jujur yang ini belum pernah ngalamin atau ketemu langsung sama yang kasusnya kayak begini. Ya, emang sih di Thailand waria2 cantik bertebaran di mana2, dan mereka di jadikan model disana.

Di Indonesia waria cantik yang kita kenal ada Alm. Avi (model waria yang terkenal di video klip ‘mengapa – Naif’), tapi ya tetep aja… masih keliatan kalo dia waria. Di buku ini, si waria nguber2 cowok yang namanya Jay. Si waria yang bernama Arti ini baru memberitahukan jati dirinya kepada Jay setelah mereka memutuskan akan menikah. As You Know, kalo di kenyataan pasti si laki2 bakalan kabur pas tau calon bininya adalah waria. Tapi si jay ini malah memutuskan untuk tetap bersama Arti, jujur aja ya otak aku dibikn Freeze… mikir panjaaaaang banget.

Mikir : “Kok ada ya cowok baik banget kayak si Jay?”

Yaa, terlepas dari ini cuma sebuah cerita yang dikarang atau bukan. Tapi aku bener2 berhenti sejenak buat bener2 mikirin.

Emang sih, baca cerita ini bikin hati teriak ngga rela pas tau akhirnya si jay tetep mau ‘jalan’ sama si waria ini, tapi hati juga diingatkan kembali akan satu lagu ‘Rocker juga Manusia’…

“Waria juga manusia, punya rasa punya hati….”

v.z

:: umpama bulan dan bintang ::


mari prasangka, berhenti sejenak…

tempatkan dirimu sebagai bulan.

engkau dan gemintang berada di waktu yang sama,

dan bersama juga menghiasi gelap malam…

gemintang cantik,

engkau cantik..

takkan ada hasrat gemintang untuk mengambil posisimu…

 

kalian memiliki pesonanya masing-masing,

engkau anggun temaram,

gemintang lincah berkerlip…

 

mari prasangka,

melunak sejenak…

pandangan tak selamanya berada pada satu titik…

 

v.z

:: antara aku, amarah dan cinta ::


Ajari aku wahai amarah untuk tidak menyakiti,

agar cangkang itu tidak retak oleh kata-kata…

Ajari aku wahai amarah untuk menjaga hati,

agar lidahku tak terasah dan menjadikannya setajam belati…

 

Ajari aku wahai cinta untuk selalu mengingat kembali,

nilai waktu yang berputar dan membuahkan pelajaran…

Ajari aku wahai cinta untuk tetap terdiam,

walau amarah menghampiri…

 

a freezin morning… with a guilty feeling…

:: Love VS Hate ::


If only I could hate you,
I would hate you with all my breath…

But, in fact I can’t,
I just love you so much…
Can not hate you even α little,
Not here in life, or even after life…

Vzn