i just finished reading ‘GayaGay’ by Dann Julian


gay_love_symbols_png_display_plaques-r624d4a6065d9446fb4f35eeb8da01dbf_ar56b_8byvr_324

Buku Gaya Gay yang ditulis sama Dann Julian memberikan aku satu sudut pandang lagi yang baru.

Homo, Lesbi… semuanya wajar. Mungkin karena di lingkungan kerja aku yang dulu udah terlalu sering yang namanya ketemu gerombolan itu kali, ya? Temen baikku ada yg Gay, ada juga yg lesbi.. mereka semua cerita tentang pengalaman hidup mereka. Ya memang, di depan orang lain ‘jati diri’ mereka ada yg masih ditutup2in… tapi ada juga yang blak2an nunjukin kalo mereka itu gay/lesbi.

Apa yg beda kalo gitu sama buku GayaGay?

Hmmm… pada awalnya ceritanya sih mengalir kayak cerita yang sering mondar mandir di telinga aku. Designer Gay yang naksir modelnya atau asistennya : udh biasa. Seseorang yang tiba2 jadi biseks : temenku ada yg begitu. Seseorang yang tiba2 jadi Gay/Lesbi karena kejadian yang kurang menyenangkan : kayaknya hampir rata2 Lesbi/Homo terjadi karena itu deh.

Tapi, kalo ada cewek model yang berbadan oke, karir oke, keuangan oke, semuanya oke, tapi ternyata waria?

Jujur yang ini belum pernah ngalamin atau ketemu langsung sama yang kasusnya kayak begini. Ya, emang sih di Thailand waria2 cantik bertebaran di mana2, dan mereka di jadikan model disana.

Di Indonesia waria cantik yang kita kenal ada Alm. Avi (model waria yang terkenal di video klip ‘mengapa – Naif’), tapi ya tetep aja… masih keliatan kalo dia waria. Di buku ini, si waria nguber2 cowok yang namanya Jay. Si waria yang bernama Arti ini baru memberitahukan jati dirinya kepada Jay setelah mereka memutuskan akan menikah. As You Know, kalo di kenyataan pasti si laki2 bakalan kabur pas tau calon bininya adalah waria. Tapi si jay ini malah memutuskan untuk tetap bersama Arti, jujur aja ya otak aku dibikn Freeze… mikir panjaaaaang banget.

Mikir : “Kok ada ya cowok baik banget kayak si Jay?”

Yaa, terlepas dari ini cuma sebuah cerita yang dikarang atau bukan. Tapi aku bener2 berhenti sejenak buat bener2 mikirin.

Emang sih, baca cerita ini bikin hati teriak ngga rela pas tau akhirnya si jay tetep mau ‘jalan’ sama si waria ini, tapi hati juga diingatkan kembali akan satu lagu ‘Rocker juga Manusia’…

“Waria juga manusia, punya rasa punya hati….”

v.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s