i just finished reading ‘GayaGay’ by Dann Julian


gay_love_symbols_png_display_plaques-r624d4a6065d9446fb4f35eeb8da01dbf_ar56b_8byvr_324

Buku Gaya Gay yang ditulis sama Dann Julian memberikan aku satu sudut pandang lagi yang baru.

Homo, Lesbi… semuanya wajar. Mungkin karena di lingkungan kerja aku yang dulu udah terlalu sering yang namanya ketemu gerombolan itu kali, ya? Temen baikku ada yg Gay, ada juga yg lesbi.. mereka semua cerita tentang pengalaman hidup mereka. Ya memang, di depan orang lain ‘jati diri’ mereka ada yg masih ditutup2in… tapi ada juga yang blak2an nunjukin kalo mereka itu gay/lesbi.

Apa yg beda kalo gitu sama buku GayaGay?

Hmmm… pada awalnya ceritanya sih mengalir kayak cerita yang sering mondar mandir di telinga aku. Designer Gay yang naksir modelnya atau asistennya : udh biasa. Seseorang yang tiba2 jadi biseks : temenku ada yg begitu. Seseorang yang tiba2 jadi Gay/Lesbi karena kejadian yang kurang menyenangkan : kayaknya hampir rata2 Lesbi/Homo terjadi karena itu deh.

Tapi, kalo ada cewek model yang berbadan oke, karir oke, keuangan oke, semuanya oke, tapi ternyata waria?

Jujur yang ini belum pernah ngalamin atau ketemu langsung sama yang kasusnya kayak begini. Ya, emang sih di Thailand waria2 cantik bertebaran di mana2, dan mereka di jadikan model disana.

Di Indonesia waria cantik yang kita kenal ada Alm. Avi (model waria yang terkenal di video klip ‘mengapa – Naif’), tapi ya tetep aja… masih keliatan kalo dia waria. Di buku ini, si waria nguber2 cowok yang namanya Jay. Si waria yang bernama Arti ini baru memberitahukan jati dirinya kepada Jay setelah mereka memutuskan akan menikah. As You Know, kalo di kenyataan pasti si laki2 bakalan kabur pas tau calon bininya adalah waria. Tapi si jay ini malah memutuskan untuk tetap bersama Arti, jujur aja ya otak aku dibikn Freeze… mikir panjaaaaang banget.

Mikir : “Kok ada ya cowok baik banget kayak si Jay?”

Yaa, terlepas dari ini cuma sebuah cerita yang dikarang atau bukan. Tapi aku bener2 berhenti sejenak buat bener2 mikirin.

Emang sih, baca cerita ini bikin hati teriak ngga rela pas tau akhirnya si jay tetep mau ‘jalan’ sama si waria ini, tapi hati juga diingatkan kembali akan satu lagu ‘Rocker juga Manusia’…

“Waria juga manusia, punya rasa punya hati….”

v.z


some says:

 “life is like a plain canvas…it’s how we paint it with the colors…

we are the architect of our own life… do yours…

.

 failure only make my sucsessfull more perfect
 problems only make me more stronger
 sadness only make my happiness mo perfect
 obstacle only make my road more exciting”

.

.

so, i talk to my self…”now u know how to make a life strategy…”

 

::To Find a Gold in Others…


Pernah ngga suatu hari kita ngerasa ngga bisa menemukan temen atau pacar yang cocok buat kita?…if it so, let’s find sum mirror and talk to our selves…
?
??
???
Sebenernya si, (menurut aku ya…) Melihat kebaikan orang dan menerima keburukannya itu lebih susah daripada melihat keburukan orang dan menerima kebaikannya…(Yea, u kno the truth-lah…)
…kalo setiap melihat keburukan orang kita langsung pergi menjauh, gimana caranya kita bisa mengenal orang itu lbh dekat dan melihat sisi baiknya?
The key is…how we accept the bad side from others, kalo kita menemukan kekurangan orang lain dan kita bisa nerima…well, welcome to the next step…yang penting kita MENDENGAR, MELIHAT, dan MERASAKAN dulu bagaimana kalo kita bertukar posisi dengan dia, baru kita bisa menilai. Kalo ternyata kita ngga bisa terima juga kekurangan mereka berdasarkan pola pikir, akal, dan perasaan kita…it means that they couldn’t fit us and we couldn’t fit them too…but at least we’ve tried to listen, see, and feel… Itu si namanya balik lagi kepada yang namanya seleksi alam utk menentukan lingkungan, teman, dan pasangan kita. Tapi…seenggak2nya kita sudah mencoba untuk menerima kekurangan mereka, dengan melihat latar belakang mereka..mendengar apa yang ada dipikiran mereka..dan merasakan apa yang mereka alami… Jadi kita bisa tambah ilmu tentang hidup dan bagaimana menyiasatinya…
Emang sih, ngga segampang omongan untuk ngejalaninnya…yang pasti buka hati lebih lapang…buka pikiran lebih luas…
Kalo kata temen gue, ‘ibarat cangkir…kalo udah penuh..ngga bakalan bisa nampung lagi air yg baru..bakalan tumpah, dan ngga bakalan masuk! Yang harus kita lakuin adalah…kita buang sedikit isi cangkir kita, supaya bisa nampung lagi air yang baru..
The point is, kita harus siapin diri kita dulu ni utk menerima sesuatu yang baru…coba ngalah kosongin sedikit ruang pikir kita utk bisa terima masukan atau pikiran dari orang lain…termasuk hati juga gitu!
.
Once, kita bisa terima kekurangan seseorang dan berusaha untuk menutupi kekurangan mereka… Langkah selanjutnya adalah tinggal melihat sisi baiknya si orang itu…, karena fase tersulit dimana kita harus menerima kekurangan seseorang itu sudah kita lewati…if we could accept that, they will fit u…and we will fit them too…
U dig the hole…and u’ll find the gold!
.
U could be more than u are by learning from yours and other’s experience…
Coz finding someone that could fits u, means we have TO LISTEN, TO SEE, and TO FEEL…
.
.


Hakuna matata…

Vitri Zada

– i met this inspirational woman…luckily, she just like bee…-


i’ve met this inspirational woman for long time ago… but i’ve known her personally few weeks ago…

she just like another women i’ve met apparently, she wore veil n glasses as well…such a nice woman… 😀  but if u want to know her closer…u’ll find her very attractive, n she will tell u all the stories she has n i bet u will laugh out loud when u listen to all her funny stories… lucky me, she told me her personal stories that will inspired u…

so here comes the story…

she was a bad girl, she has try all the bad things in life until one day she got married and has a beautiful baby girl…( well, let’s say her name was YARA n her daughter’s name was SHEILA )… she was a very rich woman, even she could buy you if she want it! money doesn’t mean anything for her coz she could get it easily as she wanted… long time before she decided to have this beautiful young girl SHEILA… she was pregnant for twice and she got it aborted.. ( 😦 oh, poor little baby…) … life has gone so fast…after the baby has born, she wasn’t give the baby too much attention that the baby should get…her mother took the baby n take care of the baby. what happen with her husband? her husband was too busy with his hobby n spent all the times and money with drugs… and she was too busy with her high social life as well.

i ain’t gonna tell u the whole story coz it is too long to tell u… but for short, finally she decided to get divorced with her hubby… she lived with her mother and her baby…

is it make her changes her whole life? not that easy… she was meet a lot of men, and spent her time with her high social life still… untill one day, she found this-very-lovely-nice-religious-guy… (let’s say his name is ED) he was her x-boyfriend when she was in senior high school actually… then they decided to get married…

did ED changes her to be a better person? not that easy too… it tooks many years to finally change her into a great woman till now…

ED was so patient to face her and treat her, he loves SHEILA as much as he loves YARA…and her daughter grown to be a very mature girl for a girl in her age… (lucky her to have a daughter such SHEILA) 

after her 6 years marriage (approx.)  she realize that what she need in life she already got it all… so, she asked her self what she was looking for in life… the answer is just ‘how to feel comfort and save’…

since then, she lived her life in a better way… she raised her daughter very well and gave her a better life, she tried to be a better wife… and became a better person in God’s way by becoming a religious person without being naive tha she was a bad person…

even now, she become my lovely sister who gives me attention, who will listen whenever i need someone to share… she sees me just like the way i am and gives me some advice without judging me…

life is about how u thanking God about anything u have… coz if u don’t feel enough, life can be so sucks…

dear my lovely sister YARA, …also SHEILA and mr. ED… i’ll pray for u guys for a happy life ever after… 🙂 AMEN!

v.z

 it’s how u see a light from your darkest place…

TUHAN selalu memberikan kesempatan kepada umatnya… jangan pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu… even u are the worst person, God still loves you…

u know how it feels when u really sick of the situation??????


i want to tell u a story about bee..

 

bee said:

” gue bener2 ngga tahan sama keadaan dimana semua orang meng-under estimate gue…

semua yang gue lakukan dianggap salah…ngga bener!! EMANG MEREKA TAU APA TENTANG GUE???

…yang paling nyakitin gue adalah dikala semua itu datangnya dari keluarga gue…

BALIKIN KEHIDUPAN KEHIDUPAN YANG MESTINYA GUE DAPETIN!!!! jangan neken2 gue teruuuuusss!!!!

gue yang sekarang ini kan hasil bentukan kaliaaaaannn!!!!!!!!

..

.

gue ni anak siapa??…

gue ngadu ke bokap…disuru ke nyokap utk minta pertanggung jawaban nyokap…

gue ngadu ke nyokap…disuru minta tanggung jawab bokap…

..

.

gue ni anak siapa??

..

.

dikala gue udah berusaha ngga bergantung ama siapa2…

mereka cuma mikir hal yang negatif aja tentang gue…

..

.

SHUT YOUR FUCK UUUUUPPP!!!!!!!!!!”

..

.

the end of bee’s story…

 

IMG_0084u know bee…there’s no turning back to live ur life..

all u gotta do is move on…..

u run before u start it…


Ada cewek namanya lilly(*ni nama bo’ongan ya…)

She’s a very good looking-smart-sexy woman…pokoknya tipe2 wanita masa kini bgt deh! Semua cowok kyknya bakalan crazy about her! (*honestly, kadang gue juga iri ama dia…ehehe..coz, I think she has such a-perfect-life…ehehehe,ni beneran loh, ly…)

Those day, lilly ngga pernah yang namanya mau jadian sama cowok…yang ada Cuma HTS-an…, setiap kali ada cowok yg ngedeketin dia..dia bakalan kabur kalo dia udah mulai ngerasa mulai sayang ama tu cowok…

Guy1 : “ly… I miss u…”

Lilly : “I miss u too…”

Guy1 : “I love u…”

Lilly : “I love u too…”

Guy1 : “will u be mine??..”

Lilly : “no,thanks…bye!”

 

 

Guy2 : “babe…aku sayang ama kamu..”

Lilly : “aku juga….”

Guy2 : “kita pacaran yuk!”

Lilly : “ngga, ah!…byebye!”

 

*gue ngebayangin kayak gitu kali ya conversation antara lilly ama cowok2 itu…

See, lilly tuh selalu ignored her own feeling walaupun dia udah sayang ama tuh cowok, dan dia kuat buat ‘matiin’ perasaannya dia supaya rasa sayangnya ngga berlanjut…padahal dia juga tau kalo tuh cowok udah cinta mampus ama dia..(*kalo gue udah nangis Bombay banjir bandang kali…) lilly selalu beralasan bahwa dia takut disakitin cowo dan takut merasa kehilangan…

Gue pernah bilang ama lilly :

“Ly…gimana lo tau kalo lo sendiri blom pernah ngejalaninnya ama tu orang? Yang penting kan lo tau bahwa dia beneran sayang ama lo, dan lo juga yakin bahwa dia ngga akan ngebuat lo jadi  sekedar one nite stand-nya aja… lo kenapa ngga mau nurutin kata hati, sih?”

Lilly bilang :

“ngga ah, gue takut aja suatu hari nanti dia bakalan nyakitin gue…gue ngga mau patah hati..”

(*huuumh..in fact, lilly malah ngebuat si cowok2 itu  patah hati…)

..

Kita flash back sedikit ya soal masa lalunya lilly…

Dulu waktu lilly kecil, nyokapnya passed away..(so sorry ya, ly…) lilly ngerasa waktunya utk dia nikmatin bareng2 nyokapnya sedikit bgt…and then she felt soooo lonely, and it hurts her so much! Dan mulai saat itu lilly takut utk merasa ‘sakit’ dan merasa ‘sendiri’…

..

Gue jadi mikir…

Emang kadang2 kita suka merasa ‘stuck’ dengan masa lalu…trauma akan sesuatu yang pernah kita alamin…(*I ever felt that!)…tp kan we have to challenge something in life…, like I always said to lilly..

“lo ngga akan pernah tau ‘gula itu rasanya manis’ kalo lo ngga pernah nyoba…idup itu rasanya manis, asem, asin, pait…lo harus nyoba semua rasa supaya lo tau rasanya idup…lo ngga akan pernah tau rasanya bahagia kalo lo ngga pernah ngerasain sedih…begitu juga sebaliknya…” (*tsaah, gue ngga nyangka gue bisa sok2 berpetuah kayak gitu…gue rasa bokap-nyokap gue harus selametan ni kalo tau anaknya bisa ‘nggenah’ ngomong..)

Itu percakapan udah beberapa taun yg lalu…

Nah, baru2 ini si lilly curhat soal cowoknya…(*YIPPIIE…akhirnya lilly jadian juga..)

….blakangan si lilly hobi bgt putus-nyambung-putus-nyambung ama cowoknya..(untung lo berdua bukan listrik, kalo listrik bakalan korslet gue rasa!)…setiap kali lilly ngrasa cowoknya udah ngga punya waktu buat dia…lilly bakalan minta putus…padahal cowoknya ngga punya waktu karena sibuk…(sibuk kerja, sibuk nyapu, sibuk ngepel….*ngawur mode-on)

Tetep, lo tau knp? Krn lilly berfikir dia musti pasang kuda-kuda sebelum dia akhirnya ditinggalin ama cowoknya…*tp kok kudanya kebablasan ya??? Gue yakin cowoknya pasti ngga ada pikiran kayak gitu…’it’s only inside her minnndd!!!’

Abis itu mereka nyambung lagi karna nyadar masi sama2 sayang…

Dengerin gue ya ly…(*gue tau lo pasti baca blog gue…heheee).. kalo gue si selalu mengacu pada prinsip idup gue bahwa gue ngga pernah menyesali apapun yg terjadi di idup gue…mo baik,buruk…pait, manis… there must be something behind those moments… yang penting hikmahnya bisa kita jadiin pelajaran idup… kita tau gimana caranya ngadepin cowok brengsek kalo kita udah pernah ‘berpengalaman’ dengan mereka…  kita bisa tau mana yang baik kalo kita udah pernah ngalamin hal yang buruk… (*orang tua gue pasti beneran terharu deh tau anaknya bisa ‘dakwah’ kyk gini….)

So…I DARE U TO MOVE, ly….

Yang musti lo inget…ada siang, ada malem…abis ujan pasti ada terang kok, makanya ada pelangi…gue ngerti  ‘kita’ punya ketakutan tersendiri utk disakitin… tp yang namanya manusia itu kan dikasih firasat, dan firasat itu datengnya dari hati…bukan dari pikiran…

I wish u a happy ending ly…*hug-hug-hug

 movemove movemove move move

…and where this road’s gonna take me, I will follow….

u pay peanut, u get MONKEY!


itu rumusan gue setuju bgt!!

yaiyalahhh….tp pada kenyataannya di kandang tempat gue bernaung ngga kayak gitu… they pay peanut, they (expect) get ELEPHANT!…

emang susah kayaknya kalo kita mo ngomongin itu di jaman sekarang…secara semua orang kerja emang karena harus memenuhi kebutuhan idup…tapi kok yaa, si ‘juragan’ itu saking memanfaat keadaan bahwa semua orang ‘butuh’ dia buat idup..jadinya semena-mena gitu…(ASSHOLE!!)

minimal kalo emang dia ngasi kompensasi ‘jongkok’ yaa.. para RODIawannya disayang gitu…diperhatikan kesejahteraannya…kebahagiaannya..(*kalo yg ini gue yg expect gila2an kayaknya..bhuehehehe..).. jangan dikit2 diribetin ama hal2 yang ngga penting gitu loohhh! dikit2 disalahin…dikit2 ngga bole…yg paling sering, dikit2 dicurigain… huuuhhh, kita kan kerja jadi jongooss…bukan jadi detektif kaleee…(*gue bingung ni hubungannya apa ama detektif…asbun bgt dah!)…

….dan sekarang gue merenungi nasib gini…(what should i do…what should i do??)… secara kebutuhan idup makin meningkat (*tsaaahhh…)…

yasudahlah… ‘coz to live is always HAKUNA MATATA’…

jadi gue ngambil keputusan kayak gini…

if they still pay peanut, so i work like a monkey aja laaah…..(*piz yo!) huehehehee…(*laughing like a lucifer…)

huuff huffpiiigggghhhbhueeekkh!bauuu!!!

*doweeewewewewweeengg!!